1
Informasi dan Pengumuman
PENGUMUMAN SISWA KELAS XII

Upd: Minggu, 23 April 2017 | 10:29 WIB
Bagi siswa Kelas XII dalam rangka Persiapan Wisuda Angkatan XIII Tapel 2016/2017 siswa kelas diharapkan hadir pada hari Selasa untuk Koordinasi dengan Panitia dan Wali ...
PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS XII TAPEL 2016-2017

Upd: Minggu, 23 April 2017 | 10:19 WIB
PENTING !! INFO BARU BAHWA PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AKAN DI UMUMKAN PADA TGL 02  MEI 2017, PUKUL 20.00 WITA UNTUK ...
ACARA WISUDA SMA NEGERI 1 LOA JANAN

Upd: Minggu, 23 April 2017 | 10:20 WIB
ACARA WISUDA LULUSAN KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DILAKSANAKAN PADA HARI RABU TGL 03 MEI 2017 DI GEDUNG PUSDIKLAT PROVINSI KALTIM ACARA PROSESI WISUDA, & ...
Agenda Kegiatan Terbaru

Tanggal : 23/04/2017
HARI SENIN : PETUGAS MUADZDZIN, DAN IMAM SHALAT ...
Tempat : MUSHALA SMA NEGERI 1LOA JANAN
Tanggal : 23/04/2017
Kegiatan Shalat dilaksanakan setiap hari : SENIN, SELASA, ...
Tempat : MUSHALA SMA NEGERI 1LOA JANAN
Agenda-agenda Lainnya..
Login Siswa & Guru
NIS. / User :
Password :
Sebagai : Guru/Siswa
Register |
Statistik Pengunjung
  Sedang Online     : 2 orang
  Visitor Hari ini
      : 30 visitor
  Total Visitor      
    : 32006 orang
  Tayangan hari ini
: 1409 kali
  Total Tayangan    : 2809853 kali

Kategori :    

BIOLOGI DAN EKSTRAKURIKULER TUNAS LINGKUNGAN SMAN 1 TENGGARONG SEBRANG


Ditulis pada hari Senin, 22 Februari 2016 | 09:24 WIB | Oleh : admin


BIOLOGI  DAN  EKSTRAKURIKULER TUNAS LINGKUNGAN

DI SMA NEGERI 1 TENGGARONG SEBERANG

( Penulis : Lisnawati,S.Pd.Guru Biologi SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang )

     Pembelajaran biologi di sekolah dapat dikatakan “unik”, karena baik subjek maupun objek pembelajarannya memiliki karakter yang khas. Objek pembelajaran biologi selain berhubungan dengan alam nyata juga berkaitan dengan proses-proses kehidupan. Agar siswa dapat memahaminya, maka metode dan pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajarannya harus disesuaikan dengan karakteristik objek dan subjek belajarnya. Fenomena yang diajarkan melalui biologi adalah fenomena alam yang mungkin pernah dihadapi siswa. Oleh karena itu, biologi tidak dapat dipahami jika hanya diajarkan secara hafalan. Pemahaman konsep-konsep biologi dapat dianalogikan dengan berbagai macam kegiatan sederhana yang dapat diamati/dilakukan siswa. (Saptono dalam Sari, 2007).

     Tujuan pembelajaran biologi mengharapkan siswa dapat mengetahui,memahami, menyimpulkan menganalisis secara kritis, dapat memecahkan masalah dan mampu mengaplikasikan pemahaman mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran biologi ini seharusnya dapat dicapai seluruh siswa jika dalam proses belajar guru mampu membuat perencanaan atau menggunakan strategi pembelajaran yang efisien, efektif mampu menarik perhatian siswa untuk aktif dalam belajar dan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dengan cara melakukan presentasi pendapat dan tanya jawab, melakukan diskusi sesama siswa, memberikan pertayaan dalam bentuk masalah yang dapat memacu kemampuan berpikir kritis sehingga pembelajaran dikelas akan membentuk siswa yang aktif dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

     Pembelajaran biologi sebaiknya dapat divariasikan dengan memberikan contoh permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Materi pokok biologi yang dapat menerapkan permasalahan dilingkungan sekitar adalah pencemaran lingkungan yaitu berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia ataupun proses alam yang menyebabkan kualitas lingkungan turun sampai ketingkat tertentu sehingga lingkungan tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Pembelajaran yang dilakukan dengan memunculkan permasalahan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis serta mampu memotivasi siswa untuk menjaga dan melestarikan lingkungannya  sehingga muncul rasa cinta mereka terhadap lingkungan sekolah ,lingkungan sekitar dan mencitai bumi kita.

     Rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar tidak akan tumbuh dengan sendirinya jika tidak ditanamkan sejak masa kanak-kanak atau selama masa pendidikan anak. Pembiasaan yang baik mengenai cara-cara menjaga lingkungan terutama tentang kebersihan, penghijauan,dan lain-lainya hendaklah sudah mulai ditanamkan kepada anak-anak sejak mereka sudah mengerti tentang mahluk Tuhan,seperti tumbuh-tumbuhan dan lain-lainya. Pendidikan karakter mencintai dan merawat bumi akan muncul sejak dari murid mulai mengenal bangku sekolah dari level paling kecil sampai jenjang-jenjang berikutnya yakni mulai dari playgroup sampai jenjang Sekolah Menengah Atas. Segala daya dan upaya dilakukan oleh para pendidik agar anak-anak didik mereka mau peduli dan cinta terhadap lingkungan mereka. 

     Untuk meenumbuhkembangkan rasa cinta peserta didik terhadap lingkungan di SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, kami mencoba membentuk kegiatan Ekstrakurikuler Tunas Lingkungan. Kegiatan Ekstrako Tunas Lingkungan  ini membuahkan hasil positif di sekolah kami, walaupun belum seluruh peserta didik dapat berperan aktif di dalam kegiatan tersebut. Tujuan utama dari tunas lingkungan ini adalah menanamkan rasa disiplin, mental serta fisik yang kuat sebagai kader – kader yang peduli dan sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan dilingkungan sekolah dan sekitarnya, membentuk generasi muda yang mencintai dan merawat bumi sebagai bagian dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hijau dan sehat bagi penghuni bumi tercinta ini.

      Kegiatan  Tunas Lingkungan ini dimulai pada tahun 2014 dan didukung oleh PT.PAMA PERSADA NUSANTARA yang area operasionalnya berada di satu wilayah dengan area SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Kegiatan Tunas lingkungan  meliputi bina cinta lingkungan (pengenalan hutan dan lingkungan alam sekitar, pengenalan pohon dan manfaatnya; keterampilan pengenalan biji dan benih), ketrampilan tanam-menanam (teknik pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan), kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan sekitarnya dan kegiatan survival.

     Kegembiraaan siswa menjalani proses edukasi merawat bumi dan mencinta lingkungan akan menyisakan kesadaran yang tidak mudah luntur dalam keterlibatan dirinya meski mereka telah menjadi alumni di jenjang sekolah yang dijalaninya. Hal ini tidak terlepas dari penyerapan ilmu yang langsung dipraktekkan dengan suka cita akan menjadikan revolusi mental cintai bumi tumbuh subur dan menjiwai pola pikir seiring dengan kedewasaan usia mereka. Sikap cinta lingkungan akan menumbuhkan pembiasaan positif dalam memelihara lingkungan menjadi terjaga, sehat, dan nyaman akan menjadi ‘habit’ yang melekat dalam diri siswa.

     Jiwa kewirausahaan menjadi efek samping positif dalam model pembelajaran di sekolah yang menerapkan kegiatan ini. Kemampuan menyemai, membiakkan tanaman, serta membuat pupuk, memanfaatkan barang-barng bekas untuk menjadi barang yang berguna akan menjadikan peluang bagi siswa untuk menjadi wirausaha dengan menjual dan mendapatkan hasil dari aktifitas ini. 

       Semoga upaya sekalah kami ini dapat menjadikan semua sekolah tanpa kecuali untuk menjadikan peserta didik mengalami revolusi mental cinta lingkungan dan cintai bumi melalui pembelajaran biologi yang di intergrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler melalui wadah kelompok Tunas Lingkungan. Pada akhirnya hasil akhir dari model pembelajara ini adalah menjadikan anak bangsa memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, kreatif dan inovatif, peduli dan menyayangi lingkungan, yang selanjutnya anak akan tumbuh menjadi generasi muda yang cinta lingkungan serta memiliki jiwa kewirausahaan. Dengan demikian diharapkan lingkungan akan terjaga, terpelihara, serta kualitas lingkungan yang terjaga bisa dioptimalkan. (*)

Penulis : Lisnawati,S.Pd



Kategori : Pengetahuan | 770 hits

<< Kembali ke Artikel



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 1 komentar)

@ Pemerhati Pendidikan : Senin, 22 Februari 2016 | 09:33 WIB | Kontak : akhmadi.am@gmail.com
foto Lingkungan sekolah adalah salah salah satu tempat riset terbaik untuk siswa



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No. HP atau Email) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :